Masyarakat Air Besi Portal Jalan

Masyarakat Air Besi Portal Jalan

AIR BESI, Bengkulu Ekspress - Masyarakat Kecamatan Air Besi akhirnya memasang portal besi setinggi 2,3 meter dengan lebar 4,5 meter di jalur lintas antara Desa Dusun Curup hingga Desa Kota Agung, kemarin (4/11).Pemasangan portal ini sebagai bentuk protes masyarakat Kecamatan Air Besi terkait meningkatnya aktifitas kendaraan muatan berat yang melintasi 7 desa dari jalur lintas di Desa Dusun Curup hingga Desa Kota Agung.

Ketua Forum Komunikasi Kepala Desa (FKKD) Kecamatan Air Besi, Gulam Wahyudi mengatakan, pemasangan portal ini dilakukan dengan beberapa alasan kuat, diantaranya itu, soal kapasitas jalan yang tidak sebanding dengan kendaraan yang melintas. Selanjutnya, soal kerusakan satu titik jalan longsor di Desa Kota Agung dan badan jembatan di Desa Talang Lembak yang saat ini kondisinya sudah melengkung.

\"Pemasangan yang dilakukan kalangan warga ini sendiri sebagai bentuk keperihatinan mereka terhadap kapasitas jalan yang tidak sebanding dengan kendaraan yang melintas, dan mengantisipasi agar jalan desa mereka tidak cepat rusak,\" kata Gulam.

Gulam menambahkan portal ini hanya bisa dibuka untuk kegiatan mendesak saja atau emergency. Portal besi yang ditanam dengan pondasi semen cor beton ini, hanya bisa dilalui kendaraan pick-up dan mobil kecil.Dikatakan Gulam, sebelumnya pihaknya sudah menyurati pihak Dinas Perhubungan Kabupaten Bengkulu Utara untuk menindak lanjuti persoalan ini melalui langkah pemortalan jalan, sesuai dengan rencana awal dalam pelaksanaan pembangunan dua titik portal di jalan tersebut.

\"Masyarakat meminta agar ini segera dilakukan. Sebab, portalnya sudah ada dan kondisi kerusakan jalan sudah mulai meningkat drastis dengan adanya aktifitas kendaraan proyek yang sejak 2 bulan lalu melakukan aktifitas melalui jalan ini,\" tukasnya.(cw1).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: